Kecukupan peralatan praktek dapat mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecukupan peralatan praktik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode deskriptif jenis korelasional dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang positif antara kecukupan peralatan praktik dengan motivasi belajar siswa. Hal ini tercermin dalam koefisien korelasi (rhitung) lebih besar dari rtabel product moment (0.628) > r tabel 0.374) dan juga untuk keberartian koefisien korelasi didapatkan nilai thitung (3.879) > t tabel (1.701). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecukupan peralatan praktek dengan motivasi belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. The adequacy of practice equipment can result in low student learning motivation. The purpose of this research is to determine the relationship between the adequacy of practice equipment and student learning motivation in the subject of motorcycle electrical maintenance in the 11th grade of TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat. A descriptive correlational method was chosen for this study. The research results indicate a positive relationship between the adequacy of practice equipment and student learning motivation. This is reflected in the correlation coefficient (r-value), which is greater than the product moment's r-table value (0.628 > 0.374), and the significance of the correlation coefficient is supported by the t-value (3.879 > 1.701). Therefore, it can be concluded that there is a significant relationship between the adequacy of practice equipment and student learning motivation in the subject of motorcycle electrical maintenance for 11th-grade students at TBSM SMK Negeri 1 Sumatera Barat.Â
Copyrights © 2023