Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 2 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2023

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Vera Marcelina (Universitas Bengkulu)
Iwan Setiawan (Universitas Bengkulu)
Andik Purwanto (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk e-modul fisika  melatihkan literasi sains  dan mendeskripsikan  hasil kelayakan pada e-modul. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model 3D yang terdiri dari tiga tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan).  Penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket pendidik dan peserta didik, dan lembar validasi ahli yang berisikan aspek media, materi dan bahasa.  Berdasarkan hasil uji validasi ahli didapatkan skor rata-rata persentase pada aspek kelayakan isi 71%, aspek penyajian  68%, aspek bahasa 66% dan aspek literasi sains 75% serta aspek kegrafikan sebesar 69% memiliki kategori  cukup valid.   Kata kunci: e-modul, literasi sains dan fluida dinamis.   ABSTRACT   This research aimed to produce a physics e-module product to train science literacy and describe the feasibility results of the e-module. This method is R&D with a 3D model consisting of three stages is define, design, and develop. The assessments used in this study are observation sheets, questionnaires for educators and students, and expert validation sheets containing aspects of media, material and language. Based on the results of the expert validation test, the average percentage score on the content feasibility aspect is 71%, the presentation aspect is 68%, the language aspect is 66% and the science  literacy aspect is 75% and the graphic aspect is 69% which has a fairly valid category.   Keywords: e-module,science literacy and  dynamic fluid

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...