Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa sukses dalam belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah motivasi. Motivasi adalah salah satu aspek penting yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis meneliti jenis-jenis motivasi dalam belajar bahasa Inggris, dan tingkatan motivasi dalam belajar bahasa Inggris, mahasiswa Stikes HangTuah Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian adalah 99 Mahasiswa Stikes HangTuah Tanjungpinang. Data penelitian ini dianalisa dengan menggunakan kuesioner dan SPSS 20 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan sebanyak (49,5%) motivasi instrinsik responden rendah, sebanyak (42,4%) motivasi ekstrinsik responden rendah, sebanyak (58,6%) motivasi integritas responden tinggi, dan sebanyak (55,6%) motivasi instrumental responden tinggi. Sedangkan motivasi responden secara keseluruhan didapatkan sebanyak (55,6%) tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi integritave dan instrumental yang tinggi akan tetapi memiliki motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik yang masih rendah.
Copyrights © 2018