Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya pelayanan prima bidang pelayanan kebutuhan dasar masyarakat di Kota Bima. Pendekatan penelitian dengan menggunakan teori implementasi kebijakan yang terdiri dari prinsip: komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Sedangkan pelayanan prima dengan prinsip: kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisplinan, kesopanan dan keramahan, dan kenyamanan. Metode yang digunakan adalah explanatory survey dengan maksud dan tujuan untuk melakukan pengujian hipotesis dan mengintepretasikan data secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi kebijakan terhadap pelaksanaan pelayanan prima di bidang kebutuhan dasar masyarakat di Kota Bima, diperoleh pengaruh sebesar 47%, sedangkan variabel lain yang tidak diteliti yakni sebesar 53%.Kriteria yang paling besar pengaruhnya dari implementasi kebijakan adalah sumberdaya (17%) sedangkan yang paling kecil adalah disposisi (7%).
Copyrights © 2019