Media belajar adalah salah satu sumber belajar yang membantu guru untuk memperjelas makna materi ke siswa dan membantu mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan. Media belajar Biologi dapat dibuat sendiri oleh siswa dengan memanfaatkan barang bekas di sekitarnya. Oleh karena itu sangat perlu untuk dilakukan pendampingan untuk memotivasi dan memicu kreativitas siswa. Kegiatan pendampingan pembuatan media belajar Biologi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan menghilangkan kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran dan mengembangkan berbagai alternative media sederhana yang kreatif dan berkesinambungan sedemikian rupa, sehingga mampu membantu anak didik tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang kritis,kreatif,mandiri,dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Rangkaian kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan, yaitu persiapan, pendampingan dan evaluasi. Peserta merupakan siswa SMAN I Mila Kabupaten Pidie dan guru matapelajaran Biologi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) pertemuan. Hasil pelaksanaan kegiatan yaitu adanya produk berupa media belajar Biologi berbahan dasar barang bekas yang dapat diimplementasikan pada pembelajarn konsep sel, virus, sistem pernapasan, sistem sirkulasi dan sistem eksresi. Hasil sebaran angket memperlihatkan peserta memberikan respon sangat baik terhadap pelaksanaan kegiatan (85,87%) dan menjadikan siswa sangat kreatif (85,15%).
Copyrights © 2023