Mimbar PGSD Flobamorata
Vol. 1 No. 1: Februari 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA V MI DARUL HIJRAH MADANI TAHUN AJARAN 2022/2023

Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Kursiah (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Script Terhadap Hasil Belajar Siswa tema 6 panas dan perpindahannya V MI Darul Hijrah Madani Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah praeksperimen yang melibatkan satu kelas, yaitu kelas pretest dan posttes. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Hijrah Madani Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V MI Darul Hijrah Madani yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Tipe Script terhadap hasil belajar siswa .Pengaruhnya dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar antara nilai rata-rata pretest 58,7 sedangkan posttest 73,8 dan hasil uji hipotesis data pretest dan postest di peroleh nilai sig pada kedua tes dengan df 38 diperoleh nilai sig 0,000.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mimbar PGSD Flobamorata adalah jurnal ilmiah yang berisi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, dan ide-ide atau karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...