Mimbar PGSD Flobamorata
Vol. 1 No. 2: Mei 2023

EFEKTIVITAS MODEL LAPS-HEURISTIK TERHADAP KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES OEBOBO 1 KOTA KUPANG

Fenny Tanalinal Khasna (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Elisabeth Ernawaty Fernandes (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu upaya perbaikan atau meningkatkan kecerdasan intelektual dan kcerdasan emosional pada peserta didik kelas V SD Inpres Oebobo 1 Kota Kupang, dengan menerapkan model pembelajaran logan avenue problema solving (LAPS)-Heuristik. Model LAPS-Heuristik adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitiannya adalah kelas V SD Inpres Oebobo 1 Kota Kupang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji Manova. Hasil penelitian ini menggunakan model analisis Manova yang secara bertahap menunjukkan keefektifan model LAPS-Heuristik dalam meningkatkan kecerdasan intelektual dengan nilai F 188.041dan nilai sig. 0.000 < 0,05, keefektifan model LAPS-Heuristik dalam meningkatkan kecerdasan emosional dengan nilai F 20.024 dan nilai sig. 0.000 < 0.05, dan keefektifan model LAPS-Heuristik dalam meningkatkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan kriteria nilai sig. Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotteling’s Trace dan Roy’s Largest Root 0.000 < 0.05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mimbar PGSD Flobamorata adalah jurnal ilmiah yang berisi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, dan ide-ide atau karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...