Jurnal Bakti Agribisnis
Vol. 9 No. 01 (2023): Jurnal Bakti Agribisnis

Analisis Nilai Tambah Dan Kelayakan Pengolahan Ikan Kakap Menjadi Pempek Di Oku Timur (Studi Kasus Pengolahan Ikan Kakap Menjadi Pempek Di Desa Trikarya)

Vidya Purnamasari (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui biaya produksi dan pendapatan pempek di Desa Trikarya Kecamatan Belitang III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, 2) mengetahui besarnya nilai tambah pengolahan ikan kakap menjadi pempek di Desa Tikarya Kecamatan Belitang III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, 3) mengetahui tingkat kelayakan finansial pengolahan ikan kakap menjadi pempek di Desa Tikarya Kecamatan Belitang III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total pendapatan yang di peroleh usaha pengolahan ikan kakap menjadi pempek dalam satu kali proses produksi adalah sebesar Rp. 485.498/proses. Besarnya nilai tambah usaha pengolahan ikan kakap menjadi pempek dalam satu kali proses produksi adalah sebesar Rp 520.498/proses atau 16.266/paket dan sebesar Rp 65.062/kilo ikan kakap. Usaha pengolahan ikan kakap menjadi pempek layak secara finansial dengan NPV Rp. 71.938.927, IRR 22,81% dan Net B/C 1,30.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-bakti-agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bakti Agribisnis adalah jurnal agribisnis STIPER Belitang yang merupakan wadah bagi para peneliti (dosen-dosen dan mahasiswa STIPER Belitang) dalam melaksanakan Tridarma (Penelitian, Pengajaran, dan Pengabdian kepada masyarakat), Jurnal Bakti Agribisnis telah berdiri sejak tahun 2015 dan ...