Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien RSUD Labuang Baji, Kota Makasar, Sulawesi Selatan)

Siti Fadhillah Azzahrah (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta)
Era Agustina Yamini (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Perkembangan zaman saat ini semakin banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa adalah rumah sakit, dalam perusahaan yang bergerak dibidang jasa kepuasan konsumen merupakan hal yang penting karena dapat mendukung perusahaan jasa dalam mencapai tujuannya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kepuasan konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan menyediakan fasilitas yang lengkap. Semakin baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan maka kepuasan konsumen juga akan semakin baik. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya kualitas pelayanan dan fasilitas yang telah diberikan atau disediakan oleh rumah sakit terhadap kepuasan konsumen. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobabilitas dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dan yang menjadi objek pengambilan sampel adalah konsumen RSUD Labuang Baji Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dimana kuesioner yang digunakan merupakan kuesioner tertutup dan di uji menggunakan program atau software Exel 2010 dan SPSS 25.0. Hasil Penelitian : Seluruh item pertanyaan pada setiap variabel dinyatakan valid karena nilai Rhitung lebih besar dari pada nilai Rtabel sehingga semua item pertanyaan dapat digunakan dalam penelitian. Dari hasril uji reliabilitas seluruh item-ietm pertanyaan pada setiap variabel yang digunakan dinyatakan reliabel karena mempunyai nilai cronbach’s alpha lebih besar dari 0,007. Menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (2) fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (3) kepuasan konsumen dan fasilitas secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...