Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional maka diperlukan solusi salah satu alternative menggunakan pembelajaran secara daring. Banyak Universitas dan sekolah yang belum memiliki infrastruktur pembelajaran online dipaksa melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dengan metode daring di masa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literature yang mengupas dari studi empiris dari jurnal-jurnal, artikel-artikel, laporan-laporan hibah dan laporan-laporan departemen kementrian yang terkait dengan pendidikan di Indonesia. Banyak Universitas yang mendukung kebijakan belajar dari rumah dengan memberlakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Video Conference untuk tatap muka dan aplikasi Learning Management System untuk memberikan materi kuliah serta penugasan untuk media belajar daring. Hasil pengujiannya dapat disimpulkan bahwa belajar secara daring tidak semuanya efektif digunakan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, pada media pembelajaran berbasis video conference lebih efektif menggunakan aplikasi Zoom Meeting, kemudian untuk media pembelajaran berbasis Learning Management System menggunakan media aplikasi Schoology, dan untuk media evaluasi pembelajaran dapat menggunakan aplikasi Quizziz.
Copyrights © 2023