PEDAGOGIA
Vol 21, No 1 (2023)

Meninjau Efektifitas Media Pembelajaran Daring Berdasarkan Efisiensi Biaya Dan Hasil Belajar Mahasiswa

Ilham Basir Nur Muhammad (Unknown)
Yanuar Satari Putri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ilzam Khamada Azhar (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dias Aziz Pramudita (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional maka diperlukan solusi salah satu alternative menggunakan pembelajaran secara daring. Banyak Universitas dan sekolah yang belum memiliki infrastruktur pembelajaran online dipaksa melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dengan metode daring di masa Pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literature yang mengupas dari studi empiris dari jurnal-jurnal, artikel-artikel,  laporan-laporan hibah dan laporan-laporan departemen kementrian yang terkait dengan pendidikan di Indonesia. Banyak Universitas yang mendukung kebijakan belajar dari rumah dengan memberlakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Video Conference untuk tatap muka dan aplikasi Learning Management System untuk memberikan materi kuliah serta penugasan untuk media belajar daring. Hasil pengujiannya dapat disimpulkan bahwa belajar secara daring tidak semuanya efektif digunakan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, pada media pembelajaran berbasis video conference  lebih efektif menggunakan aplikasi Zoom Meeting, kemudian untuk media pembelajaran berbasis Learning Management System menggunakan media aplikasi Schoology, dan untuk media evaluasi pembelajaran dapat menggunakan aplikasi Quizziz.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...