MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

The Strategi Branding PT Pos Indonesia (Persero) Pada Media Sosial Instagram @posindonesia.ig

Salsabila Rahiq Rahmat (Telkom University)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) memiliki pandangan dimata publik sebagai perusahaan kuno dan lama. Namun, dengan tujuh transformasi bisnis yang dimiliki, PT Pos Indonesia (Persero) masih berusaha untuk tetap berinovasi. Salah satunya product and channel transformations yaitu aplikasi Pospay. Aplikasi Pospay digunakan dalam branding Public Relations untuk membangun citra PT Posindo. Dengan menggunakan metode kualitatif – deskriptif, penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi branding Public Relations dalam membangun citra PT Posindo melalui aplikasi Pospay pada Instagram @posindonesia.ig. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data dari hasil wawancara bersama Public Relations PT Posindo, pihak Marketing jasa keuangan, dan pengguna aplikasi Pospay, serta melakukan observasi melalui media instagram @posindonesia.ig. Konsep strategi branding yang digunakan peneliti yaitu menurut Van Gelder, Shults dan Barnes yaitu Brand Positioning, Brand Identity, dan Brand Communications. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu branding Public Relations mampu membangun citra PT Posindo menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karena melalui aplikasi Pospay, publik percaya bahwa PT Posindo mampu berkembang dan mengikuti zaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...