Tari Persembahan Sedulang Setudung merupakan tari penyambutan yang disajikan bagi tamu-tamu yang datang ke Banyuasin, sebagai tanda penghormatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis rekonstruksi pertunjukan dan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter yang diterapkan pada proses pembelajaran tari persembahan Sedulang Setudung di MTs Al-Ikhsan Betung. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas metode observasi, teknik wawancara, teknik studi dokumen. Hasil penelitian ini yaitu tari Persembahan Sedulang Setudung yang mengalami rekonstruksi pada iringan musik, penari, bentuk pertunjukan, dan propertinya. Adapun nilai pendidikan karakter yang diterapkan pada proses pembelajaran tari persembahan Sedulang Setudung di MTs Al-Ikhsan Betung meliputi nilai religius, nilai budaya, nilai mencintai dan menghargai sejarah dan kesenian lokal, nilai mandiri, karakter tanggung jawab, percaya diri, solidaritas, berani dan saling mengingatkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa tari persembahan sedulang setudung sangat cocok menjadi materi pada pembelajaran di sekolah, karena dapat membentuk nilai pendidikan karakter bagi peserta didik.
Copyrights © 2023