EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Penguatan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Tematik

Yopita Ita (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Aunurrahman Aunurrahman (Universitas Tanjungpura)
Rini Muharini (Universitas Tanjungpura)
Sulistyarini Sulistyarini (Universitas Tanjungpura)
Agung Hartoyo (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan  model Problem Based  Learning  pada  pembelajaran  tematik  untuk  penguatan  karakter.  Karakter  yang menjadi  fokus dalam  penelitian  ini adalah  hormat  dan  tangg16ung  jawab.  Metode yang digunakan  adalah  pendekatan  deskriptif  kualitatif.  Penelitian ini menggunakan bentuk  Penelitian Tindakan Kelas.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik  observasi, dokumentasi, dan wawancara.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa terjadi perubahan perilaku peserta didik menjadi  lebih bertanggung jawab  dan memiliki sikap hormat. Berdasarkan hasil pengamatan, p4eningkatan dalam perubahan perilaku pada setiap  siklus  penelitian.  Perubahan  perilaku  dari  siklus  l  ke  siklus  ll  mencapai 20%, sedangkan  dari  siklus  ll  ke  siklus  lll  mengalami  peningkatan  sebanyak  8%.   Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa model Problem Based Leaming  dapat diterapkan untuk membentuk karakter peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...