EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Analisis Respon Alumni terhadap Pemetaan Kurikulum Program Studi Pendidikan Seni Musik UPI

Putri Anastasya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yudi Sukmayadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Relevansi antara pengembangan kurikulum dan profil lulusan suatu program studi menjadi suatu urgensi, khususnya pada konteks kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons alumni terhadap pemetaan kurikulum Program Studi Pendidikan Seni Musik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan variasi dalam respons alumni, dengan beberapa menganggap bahwa kurikulum kurang membantu, beberapa menyatakan cukup, dan ada pula yang menyatakan sangat membantu. Data kuesioner didukung oleh wawancara mendalam dengan beberapa alumni yang memberikan wawasan lebih detail tentang pengalaman mereka dan harapan terhadap kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara kurikulum Program Studi Pendidikan Seni Musik dan profil lulusan yang diharapkan sebagai wirausahawan musik. Temuan ini menunjukkan perlunya evaluasi dan penyesuaian kurikulum guna memastikan alumni memiliki bekal yang memadai untuk memasuki dunia bisnis musik. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk merevisi kurikulum Program Studi Pendidikan Seni Musik agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan harapan alumni.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...