Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara

Digital Leadership Kemaritiman Dalam Perspektif Generasi Millenia: (Studi Kasus: Pemilihan Komandan Senat Batalyon Taruna Stimaryo)

Ningrum Astriawati (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)
Vivid Dekanawati (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)
M. Satriawan (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Digital leadership adalah bagaimana seorang pemimpin memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan dengan cepat pada gaya kepemimpinannya. Pemanfaatan teknologi bukan hanya untuk kepentingan mengirim pesan saja namun lebih dari itu seorang digital leader harus mampu menggerakkan organisasinya pada situasi seperti apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) tipe kepemimpinan dalam perspektif generasi millenia yang diinginkan dari suatu organisasi khususnya dalam kepemimpinan kemaritiman, (2) kriteria gaya kepemimpinan Pemilihan Komandan Batalyon STIMARYO. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pengumpulan  data  diambil  dengan  menggunakan   metode   survei. Sampel penelitian ini sebanyak 88 taruna taruni STIMARYO. Hasil penelitian menunjukkan (1) tipe gaya kepemimpinan dalam perspektif generasi millenia kemaritiman yang paling diinginkan adalah tipe kepemimpinan demokratis dengan persentase perolehan sebesar 67% adanya rasa saling menerima, menghormati, terbuka terhadap kritik dan saran dari bawahannya merupakan tipe yang paling disukai oleh para taruna STIMARYO dalam berorganisasi, (2) Kriteria gaya kepemimpinan pemilihan komandan batalyon STIMARYO dengan gaya SMART (Social, Monitoring, Afektif, Responsibility, Timely) mendapatkan persentase tertinggi dengan perolehan 86.36%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKEN

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Mechanical Engineering Social Sciences Transportation

Description

Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara (e-ISSN: 2829-7024, p-ISSN: 2830-6082) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian dan penerapan teknologi bagi para Perekayasa, Peneliti, Dosen, Praktisi dan Mahasiswa di bidang Bisnis, Sains, dan Pendidikan Kemaritiman. Ruang ...