Tujuan: untuk menguji arah dan pengaruh literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan serta keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet dalam transaksi pembayaran. Metodologi: sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pasar tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang sudah menggunakan e-wallet shopeepay untuk transaksi pembayaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer. Instrumen pengukuran dan penilaian variabel menggunakan lima skala likert sebagai suatu ukuran penilaian responden atas pertanyaan yang diajukan. Teknik analisis data melalui tahapan uji kualitas data yaitu; uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis linier berganda. Untuk memenuhi kualifikasi pengujian hipotesis (parsial dan simultan) dengan analisis linier berganda maka tahapan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas perlu dilakukan. Temuan: hasil uji statistik yang digunakan menunjukkan hasil bahwa literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan serta keamanan berpengaruh positif (baik secara parsial maupun simultan) terhadap keputusan penggunaan e-wallet dalam transaksi pembayaran. Orisinalitas: pengujian dilakukan pada segmen konsumen UMKM pasar tradisional yang berada di wilayah DIY. Keterbatasan penelitian: tidak melakukan wawancara dengan responden sehingga terdapat kemungkinan responden tidak memahami pertanyaan dalam instrumen dengan baik Implikasi praktis: pemerintah perlu membuat kebijakan untuk mendorong transaksi non-cash terutama bagi masyarakat biasa Kata kunci: literasi keuangan, persepsi kemanfaatan, kemudahan, keamanan, keputusan menggunakan e-wallet
Copyrights © 2023