Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengolahan nuget ikan cakalang, untuk mengetahui respon masyarakat mengenai hasil pengolahan nugget yang telah diolah, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan E-Commerce bagi pelaku UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan melalui metode observasi, wawancara, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif aktif. dalam pelatihan terdiri dari empat tahapan yaitu tahapan kegiatan; perencanaan, persiapan, implementasi, dan evaluasi. Hasil kegiatan yaitu masyarakat mendapat pengetahuan lebih mendalam mengenai informasi dan inovasi produk olahan tangkapan laut berupa nugget ikan cakalang. Hasil uji organoleptik yaitu responden dapat menerima produk nugget ikan cakalang dari aspek aroma, rasa, warna dan tekstur dan masyarakat memperoleh inovasi berupa cara mempermudah pelaku wirausaha dalam mempromosikan produknya dengan lebih efektif dan lebih menarik mengenai teknik pemasaran lewat E-commerce. Program kemitraan dengan masyarakat ini membantu tim pengabdian melakukan pelatihan dan pendampingan mengenai pengelolahan, manajemen pemasaran lebih optimal dengan memanfaatkan hasil tangkapan laut lokal Tombulilato
Copyrights © 2023