Jurnal Arastirma
Vol 3, No 1 (2023): JURNAL ARASTIRMA

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit di Jakarta

Alvin Praditya (Universitas Pamulang)
Rahadyan Tajuddien (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Tujuan. Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis Faktor yang Mempengaruhi Passenger Satisfaction Bus Rapid Transit Di Jakarta.Metode. Metode dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis) menggunakan jumlah sampel sebanyak 119 penumpang. Data yang terkumpul dianalisis dengan aplikasi program SPSS.Hasil. Hasil analisis deskriptif terhadap variabel keputusan pembelian  menunjukan nilai yang tinggi pada setiap indikatornya. Namun ada satu  hal yang perlu di tingkatkan yaitu bus trans Jakarta harus penyediaan informasi tentang bus trans Jakarta kepada penumpang baik lewat media informasi atau info di tempat yang strategis. Dari hasil penelitian terhadap pengaruh variabel keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen menunjukan pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 49%. Hasil ini menunjukan bahwa keputusan pembelian memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasan konsumen sehingga bus trans Jakarta perlu memperhatikan terkait yang melatar belakangi keputusan pembelian konsumen.Implikasi. Diharapkan agar pengelola bus rapid transit meningkatkan kualitas pelayanan dengan menepati jadwal kedatangan dan keberangkatan yang telah ditentukan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jaras

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ARASTIRMA adalah jurnal ilmiah yang meliputi kajian di bidang Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten. JURNAL ARASTIRMA secara teratur diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada ...