Edukasia : Jurnal Pendidikan
Vol 10, No 1 (2023): Volume 10 Nomor 1 (April 2023)

Analisis Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar

Kadek Dewi Wahyuni Andari (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Membaca adalah proses mendapatkan informasi dari tulisan dengan tujuan untuk mengenal huruf hingga kalimat, memahami arti kata-kata dan kalimat serta untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Melalui membaca tersebut diharapkan siswa akan lebih mudah belajar. Permasalahan dalam penelitian ini masih rendahnya kemampuan membaca dilihat dari motivasi belajar siswa kelas II SDN 042 Tarakan. Oleh karena itu peneliti berupaya menganalisis kemampuan membaca siswa dilihat dari cara guru dan orang tua dalam memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat serta memahami makna kalimat melalui tes kemampuan membaca yang dilihat dari faktor motivasi belajar siswa kelas II SDN 042 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas II-C SDN 042 Tarakan sebanyak 20 siswa, dipilih menggunakan cara sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 1 siswa yang baik kemampuan membacanya dan memiliki motivasi belajar yang baik dan 19 siswa masih kurang kemampuan membacanya diantaranya yaitu siswa yang kurang dalam membaca pemahaman 13 orang, siswa yang belum lancar membaca huruf 4 orang, siswa yang belum lancar membaca kata 2 orang, salah satu diantaranya masih mengeja. Dengan demikian, motivasi belajar yang diberikan guru dan orang tua masih kurang. Kata Kunci: Membaca, Motivasi BelajarReading is the process of getting information from written forms with the aim of getting to know letters to sentences, understanding the meaning of words and sentences, and deepening knowledge. By reading it is expected that students will learn more easily. The Problem in this research was the low reading ability viewed from the learning motivation of the second-grade students of SDN 042 Tarakan. Therefore, this research was to analyze the students’ reading abilities viewed from the way teachers and parents motivate their students. This research aimed to determine the ability of the second-grade students of SDN 042 Tarakan to read letters, syllables, words, and sentences, and to understand the meaning of sentences through a reading ability test viewed from a learning motivation factor. This research employed a descriptive qualitative method. The research subjects were the second- grade students of SDN 042 Tarakan consisting of 20 students which were selected using a saturated sampling technique. Based on the results of the research, it was found that 1 student had good reading ability and good learning motivation, and 19 students till lacked the ability to read, including 13 students were lack of reading comprehension, 4 students were not fluent in reading letters, 2 students were not fluent in reading words, 1 of them was still learning to spell. Thus, the learning motivation provided by the teachers and parents was still not optimal.Keywords: Reading, Learning Motivation

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ilmiah ilmu pendidikan (EDUKASIA) menerima dan memuat naskah dalam bentuk hasil penelitian (artikel ilmiah) dalam bidang pendidikan sosial, pendidikan sains, pendidikan MIPA dan kajian lain selama dalam lingkup Pendidikan. Penerbitan Jurnal Edukasia pada bulan April dan Oktober dengan E-ISSN ...