Jurnal Kedaymas


Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Guru SD Juara Surabaya

Herwin Ardianto (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Rohmad Fuad Armansyah (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Kadek Pranetha Prananjaya (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Romi Ilham (Unknown)
Evi Sistiyarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

SD Juara Surabaya merupakan bagian dari sekolah berjejaring nasional berbasis social enterprize dengan total 22 sekolah yang tersebar di Seluruh Indonesia dibawah naungan Yayasan Indonesia Juara partner Pendidikan dari lembaga filantropi Rumah Zakat. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh informasi permasalahan yaitu Kebutuhan Pemenuhan kriteria akreditasi sekolah unggul dengan syarat penguatan kompetensi pada pelajaran Bahasa serta rencana menuju sekolah bilingual, sehingga diperlukan peningkatan kompetensi bahasa Inggris pada guru pengajar. Dalam upaya memberikan pemecahan atas masalah tersebut maka tim pengabdian masyarakat melaksanakan program pelatihan dan pendampingan peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan Bahasa Inggris untuk guru. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan diawali dengan penentuan sasaran kegiatan, kemudian pelaksanaan pelatihan dan pendampingan serta evaluasi. Pada evaluasi kegiatan diketahui bahwa terdapat peningkatan skor post test dibanding dengan skor hasil pre test yaitu 1,2 poin menjadi rata-rata nilai 9,4 pada 10 peserta, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan mampu meningkatkan pemahaman serta kompetensi dalam penggunaan Bahasa Inggris pasca pelatihan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kedaymas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal KeDayMas: Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat adalah jurnal peer-review dan terbuka yang menampung pengabdi dari kalangan pratisi, dosen maupun mahasiswa dengan karya inovatif dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. KeDayMas adalah platform unik hasil kegiatan pengabdian masyarakat dan ...