RADIKULA: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 2 No 1 (2023): RADIKULA: Jurnal Ilmu Pertanian

Uji Ketersediaan Nitrogen Vermikompos dan Biochar Limbah Kotoran Kuda Pada Tanah dan Hasil Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max)

Ismi Fajar Mauliyah (UPN "veteran", Surabaya)
Moch Arifin (UPN "veteran", Surabaya)
Purnomo Edi Sasongko (UPN "veteran", Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Kerusakan tanah diakibatkan penggunaan pupuk kimia secara terus menerus sehingga dibutuhkan bahan pembenah tanah organik dengan memanfaatkan vermikompos dan biochar sebagai pembenah tanah organik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian vermikompos dan biochar limbah kotoran kuda terhadap media, dan tanaman kedelai di Kabupaten Gresik. Penelitian menggunakan RAK faktorial. Faktor pertama vermikompos 4 taraf (dosis 0, 10, 20, 30 ton/ha), faktor kedua Biochar 4 taraf (dosis 0, 10, 20, 30 ton/ha). Parameter analisis adalah tinggi tanaman, berat basah tanaman, berat kering tanaman, berat polong, berat biji, N-total dan pada media antara lain pH, EC, C-Organik, dan N-tersedia. Hasil penelitian menunjukkan vermikompos dan biochar limbah kotoran kuda tidak berpengaruh nyata terhadap hasil analisis media tanah dan tanaman kedelai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

radikula

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

RADIKULA: Jurnal Ilmu Pertanian adalah jurnal nasional Indonesia dengan akses terbuka yang menerbitkan artikel hasil penelitian berkualitas tinggi di bidang pertanian. Jurnal RADIKULA terdaftar dengan nomor ISSN 2961-726X (cetak) dan ISSN 2961-7014 (online) yang diterbitkan oleh Prodi Agroteknologi ...