Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): MARET : Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia

UJI FARMAKOLOGI EKSTRAK IKAN GABUS (Channa Striata ) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA MENCIT ( Mus Musculus )

Jayanti Djarami (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maluku Husada)
Cut Bidara Panita Umar (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maluku Husada)
Astini Nurlatu (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maluku Husada)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam hasil alam yang melimpah, salah satunya tanaman obat. Negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan memungkinkan setiap daerah memiliki komoditi hasil alam tersendiri. Hal ini juga mempengaruhi cara pengobatan tradisional yang berbeda pula untuk tiap - tiap daerah. Negara Indonesia dikenal karena memiliki beragam suku dengan ciri khas masing - masing. Keragaman suku ini juga membuat adanya perbedaan dari jenis warisan budaya, baik itu terkait kepercayaan, upacara, maupun pengobatan menggunakan obat tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium, untuk mengetahui ekstrak ikan gabus ( Channa Striata ) terhadap proses penyembuhan luka bakar mencit ( Mus muscullus ) yang tampak mengalami perubahan. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap ( RAL ) yaitu dengan konsentrasi K1 ( diberi aquadest ), K2 ( ekstrak ikan gabus 0.30 g / kg BB ), dan K3 ( ekstrak ikan gabus 0,50 g / kg BB ), dan K4 ( ekstrak ikan gabus 1,00 g / kg BB ). Hasil uji Homogenitas terlihat bahwa nilai sig sebesar 0,110 yang artinya sig > p.sig 0.05. sehingga dapat di simpulkan bawah varian data luka bakar adalah homogen.Berdasarkan hasil uji Anova, maka diperoleh bahwa pemberian ekstrak ikan gabus terhadap diameter luka bakar berbeda atau berpengaruh nyata sampai hari ke 10 ada berbedaan signifikan ( p < 0,05 ) antara kelompok variasi dosis dengan kontrol negatif 1,00 g / kg BB memberikan efek penyembuhan terbaik sebesar ( 2.35 % ) pada hari ke 10 jika dibandingkan dengan dosis 0,30 g / kg BB ( 2.5975 % ) dan dosis 0,50 g / kg BB ( 2.5175 % ). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan ekstrak ikan gabus dengan dosis 1,00 g / kg BB memiliki efek penyembuhan tercepat terhadap luka bakar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikki

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia diterbitkan 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan Indonesia menyajikan hasil penelitian yang bermanfaat bagi dokter, pengambil kebijakan, tenaga kesehatan, dosen serta mahasiswa yang ...