SPEED: Journal of Special Education
Vol. 7 No. 1 (2023): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Efektivitas Teknologi Game Sebagai Media Pembelajaran dan Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan

Firdaus Ridwan Sutarta (PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember)
Asri Widiatsih (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Inna Hamida Zusfindhana (PLB, Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Teknologi berkembang sangat cepat sehingga menjadi tantangan bagi dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknologi game sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur, dengan pengumpulan sumber literatur berasal dari artikel penelitian secara online. Artikel yang berkaitan dengan efektifitas teknologi game sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi anak tunagrahita diambil sebanyak 24. Hasil studi literature menunjukkan ada 10 artikel dari 24 yang diambil membahas tentang game yang digunakan sebagai media alat bantu pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan. Pembelajaran gamifikasi menunjukkan efektifitas dan menuju ke arah yang positif. Dengan demikian benang merah yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah teknologi game efektif sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi anak tunagrahita ringan. Hal menunjukkan bahwa bermain game juga dapat menjadi media pembelajaran bagi anak tuna grahita.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...