Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok terhadap keterampilan berkomunikasi secara interpersonal siswa kelas VIII B SMP Negeri 21 Surabaya pada tahun akademik 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling terhadap siswa kelas VIII B berjumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah diuji cobakan menggunakan Spss for Windows versi 23.0. Berdasarkan hasil uji wilcoxon dapat diketahui Z (-2.521) dengan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,012 dimana 0,012 ≤ 0,05 (taraf signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Hi diterima dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan post-test teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan.
Copyrights © 2020