Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang diterapkan dalam internalisasi nilai moderasi beragama pada pasraman di Kota Mataram. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan non-formal menjadi wahana penting dalam upaya melakukan internalisasi moderasi beragama. Kota Mataram merupakan kota yang heterogen, dan toleransi harus selalu dipupuk sejak dini. Mengambil lokus pasraman di Kota Mataram, karena kota Mataram memiliki jumlah pasraman terbanyak untuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam penelitian digunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui Observasi langsung, wawancara terstruktur dan terbuka, serta studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Data yang telah dianalisi kemudian diinterpretasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah a) Strategi pembelajaran kooperatif, (b) strategi pembelajaran langsung dan (c) strategi pembelajaran inkuiri. Adapun metode pembelajaran yang digunakan untuk mendukung strategi pembelajaran tersebut berupa metode ceramah, metode tanya jawab, metode kuis, metode role and play, metode demonstrasi, metode tutor sebaya, metode bernyanyi, metode diskusi, metode praktek, dan metode sad dharma.
Copyrights © 2023