EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 10, No 2 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA KOMPETENSI DASAR KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 MADIUN KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KW Setiabudi (SMAN 5 Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (a) mengetahui peningkatan mutu belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing Kelas XI IPS 2 2018/2019 (b) Setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh kemauan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga putaran penelitian tindakan. Setiap putaran terdiri dari empat fase: desain, aktivitas dan observasi, pertimbangan dan revisi. Subjek dari penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2. Data yang diperoleh merupakan hasil tes formatif berupa lembar observasi untuk kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas belajar siswa pada Siklus I (38%), Siklus II (68%) dan Siklus III (86%) meningkat. Kesimpulan dari survei ini adalah penerapan metode pembelajaran snowball throw memberikan dampak positif yaitu dapat memotivasi siswa untuk belajar, dibuktikan dengan wawancara dengan beberapa siswa. teknik Snowball Throwing memotivasi siswa untuk belajar. Model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran ekonomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...