JUMAD Journal Management, Accounting, & Digital Business
Vol 1 No 2 (2023): JUMAD: April 2023

Pengaruh Service Quality, On Time Delivery, Dan Price Terhadap Customer Satisfaction Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Probolinggo

Robi'atul Adhewiyah (Universitas Panca Marga)
Dedi Joko Hermawan (Universitas Panca Marga)
Yekti Rahajeng (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami pertumbuhan cepat di dalam dunia bisnis terutama bisnis jasa pengiriman barang. Fenomena yang terjadi dimana perusahaan memiliki kemajuan yang pesat dalam menyediakan pengiriman barang atau layanan kurir menjadikan perusahaan jasa pengiriman barang mempunyai peran penting dalam meningkatkan arus barang dari tempat satu ketempat lain. Jenis penelitian penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sampel ini sebanyak 98 responden yang minimal telah melakukan pengiriman sebanyak 2 kali. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sumber data yang digunakan berasal dari data sekunder dan data primer yang merupakan hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan menggunakan teknik analisis data berupa validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis liniear berganda (adjusted r square), koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berdampak secara signifikan terhadap customer satisfaction dengan skor nilai thitung sebesar 2,723 > ttabel 1,661 (sig 0,008 < 0,05), on time delivery berdampak secara signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai thitung sebesar 5,268 > ttabel 1,661 (sig 0,000 < 0,05), dan price berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai thitung sebesar 3,297 > ttabel 1,661 (sig 0,001 < 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jumad

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business has been published by Universitas Panca Marga. JUMAD is published six times a year, in February, April, June, August, October, December. JUMAD: Journal Management, Accounting, & Digital Business on issues relating to empirical investigations ...