Jambura Journal of Administration and Public Service
Vol 2, No 1 (2021): Volume 2 Nomor 1 Oktober 2021

Analisis Kualitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka (Studi pada Pelayanan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Anis Ribcalia Septiana (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilan Belas November Kolaka)
Rustam Tohopi (Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Abstrak Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran seluruh tentang permasalahan analisis kualitas pelayanan pada Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Kolaka, studi pada pelayanan surat izin tempat usaha (SITU). Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka kualitas pelayanan masih rendah hal ini dapat dilihat dari aspek tangible dimana kenyaman masyarakat masih kurang. Dari Aspek realiability atau kehandalan mengenai ketepatan waktu dalam pelayanan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) masih kurang. Berikut dari aspek responsivitas atau daya tanggap sering sekali ada masyarakat yang komplain dengan pelayanan SITU yang diberikan saat pelayanan. Aspek assurance atau jaminan khususnya keamanan pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka sudah cukup baik, dan dilihat dari aspek empati yaitu dalam membantu kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi namun kesediaan pegawai dalam melayani masyarakat belum baik dikarenakan para pegawai yang ada kurang merespon keluhan atau keinginan dari masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjaps

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini dimaksudkan sebagai forum komunikasi Administrasi Publik dan ilmuwan lain dari banyak praktisi yang menggunakan Manajemen Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik dalam penelitian. Naskah artikel meliputi bidang Manajemen dan Pelayanan Publik; Kebijakan publik; Manajemen Kepemimpinan; ...