Nusantara Community Empowerment Review
Vol. 1 No. 1 (2023): Nusantara Community Empowerment Review

Peningkatan Pemahaman Tema Anggota Tubuh dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran: Studi Kasus TK Dharma Wanita Persatuan di Sidoarjo

Kholifah Umaroh Ramjane (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Syahri Mu’min (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Anggi Rachmawati (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Welatika Cahyani (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Ulin Nikmah (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Khafid Khoirul Hanafi (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dalam membentuk kerangka dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal ini dikarenakan anak-anak usia dini sangat unik, mereka adalah individu dengan pola dan kebutuhan perkembangan yang berbeda dari orang dewasa. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menuntut guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis gambar. Media pembelajaran berbasis gambar dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan siswa TK Dharma Wanita Persatuan. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif dan statistik sederhana. Mitra pengabdian masyarakat adalah TK Dharma Wanita Persatuan Desa Jatikalang di Sidoarjo. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman pengetahuan siswa TK Dharma Wanita Persatuan Desa Jatikalang di Sidoarjo.Penggunaan media pembelajaran berbasis gambar pada anak usia dini dapat membangkitkan semangat belajar, mengembangkan keterampilan, memahami apa yang telah pelajari dan memaknainya dalam kehidupan sehari-hari. Early childhood education is a very basic education in forming the basic framework of knowledge, attitudes, and skills. This is because early childhood is very unique, they are individuals with different developmental patterns and needs from adults. This community service aims to demand teachers use image-based learning media. Image-based learning media can be used to improve the understanding of the knowledge of Dharma Wanita Persatuan Kindergarten students. This community service uses qualitative methods with descriptive research and simple statistics. The community service partner is the Dharma Wanita Unity Kindergarten of Jatikalang Village in Sidoarjo. The results of this Community Service show that the use of learning media can increase students' understanding of the Dharma Wanita Association Kindergarten of Jatikalang Village in Sidoarjo. The use of image-based learning media in early childhood can arouse enthusiasm for learning, develop skills, understand what has been learned, and interpret it in everyday life.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ncer

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Nusantara Community Empowerment Review (NCER) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal ini diterbitkan dalam versi online dengan akses terbuka dan unduhan gratis. NCER menerbitkan artikel ...