Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 Nomor 2 Juni 2023 : Jurnal PGMI

IMPLEMENTASI RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN melalui biskuit pecahan

zidny nor hidayah (Universitas Islam Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Materi pecahan merupakan salah satu materi yang diajarkan di tingkat Sekolah Dasar. Berbeda dengan sekedar penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian; pecahan memiliki karakteristik tersendiri. Maka dari itu, pemahaman untuk materi pecahan sedikit lebih sulit daripada materi tersebut. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut pada artikel ini akan dibahas mengenai model pembelajaran yang dapat diimplikasikan pada materi pecahan tingkat Sekolah Dasar. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode kualitatif teks yang sumbernya berasal dari kajian literatur pustaka dari artikel-artikel dan jurnal terdahulu terkait permasalahan tersebut. Adapun model pembelajaran yang dimaksud adalah RME (Realistic Mathematics Education). RME dinilai cocok digunakan untuk materi pecahan karena mengaplikasikan benda konkrit sebagai fokus utama pembelajaran. Sehingga siswa dapat memahami konsep yang dimaksud melalui media konkrit yang disediakan. Adapun benda konkrit yang dipilih pada pembahasan artikel ini adalah “Biskuit Pecahan”. Dari serangkaian analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa model pembelajaran RME dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep pecahan dan kaitannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgmi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. an academic, open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of ...