Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosi anak berkebutuhan khusus di SD 2 Bajiarum. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosi pada anak berkebutuhan khusus di SD negeri 2 Bejiarum ini sangat berpengaruh, seperti hal nya terjadi kerjasama antara lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan sekolah untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada kecerdasan emosi nya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus memang sangat dibutuhkan peran orang tua untuk memperhatikannya. Anak berkebutuhan khusus ini sering terkucilkan dan diperlakukan tidak layak seperti anak normal lainnya oleh masyarakat pada umumnya, ini dikarenakan kurangnya edukasi kepada masyarakat awam tentang kondisi anak berkebutuhan khusus. Apa bila kondisi yang menghawatirkan ini dibiarkan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus karena dikucilkan oleh masyarakat maupun lingkungan keluarganya, oleh karena itu dukungan orang tua sangat dibutuhkan dan berpengaruh pada anak yang berkebutuhan khusus.
Copyrights © 2023