Kepala sekolah di daerah binaan peneliti belum memilikikemampuan untuk menyusun program superv isi sesuai ketentuan.Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) mengetahui upayapeningkatan kemampuan Kepala SD dalam menyusun programsupervisi melalui pembimbingan berkelanjutan oleh PengawasTK/SD, 2) mengetahui persentase Kepala SD yang dapatmenghasilkan program supervisi, 3) mengetahui tindakanpembimbingan berkelanjutan yang dilakukan Pengawas TK/SD .Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan berkelanjutandapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun programsupervisi bagi kepala Sekolah Se-Gugus Ismaya UPK Somagede.Hal ini dibuktikan dengan naiknya skor mutu program supervisidari 48,5 menjadi 74,3 pada siklus 1 dan 86,5 pada siklus 2. Totalkenaikan sebesar 78,3%. Proses pembimbingan berkelanjutan olehpengawas dari kondisi awal belum dilaksanakan (0), menjadidilaksanakan dengan skor keberhasilan 17 pada siklus 1 dan 29pada siklus 2, sehingga total kenaikan 96,6%. Berdasarkan hasiltersebut hipotesis yang diajukan terbukti benar. Keberhasilantindakan juga membawa manfaat positif bagi kepala sekolahmaupun peneliti yang juga mengemban tugas sebagai Pengawas,yaitu: Pembimbingan berkelanjutan dilakukan secara intensif danKepala Sekolah dapat menyusun program supervisi denganbimbingan pengawas.Kata Kunci : Kompetensi, Supervisi, PerkembanganBerkelanjutan
Copyrights © 2014