Tujuan dari penelitian yang ini adalah dengan mendeskripsikan pandangan progresif John Dewey tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam IPA. Metodologi penelitian ini didasarkan pada buku dan jurnal ilmiah sehingga membahas progresivisme, pembelajaran berdiferensiasi, dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi tentang mata kuliah IPA. Data supaya diperoleh untuk kajian Pustaka yang diterbitkan dalam edisi ini adalah satu-satunya informasi yang benar-benar berharga. Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas hubungan progresivisme terhadap pembelajaran berdiferensiasi, dengan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum IPA di Sekolah Menengah Pertama, dengan menggunakan referensi jurnal ilmiah. Progresivisme adalah metode pendidikan sehingga menghambat perkembangan cara belajar anak bahwa dipercepat serta memastikan bahwa pembelajaran tidak pernah berhenti selama perjalanan waktu. Yang dimaksud dengan “diferensiasi” adalah pengajaran yang dibedakan menurut kebutuhan siswa, khususnya menurut latar belakang, profil, minat, dan bakat siswa. Membedakan konten, proses, produk, dan lingkungan belajar hanyalah beberapa cara untuk melaksanakan pembelajaran yang berbeda. Meski bukan konsep baru dalam dunia pendidikan, penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan di kelas IPA hanya diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2023