JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA

Hubungan Kecepatan Lari dengan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2013/2014.

Anhar (STKIP Taman Siswa Bima)
Irwan (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan lari terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMPN 1 Sape Kabupaten Bima Tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII sebanyak 102 siswa, sampel dalam penelitian ini yaitu 25 siswa. Variabel penelitian terdiri dari 1 variabel bebas yaitu kecepatan lari, serta 1 variabel terikat yaitu keterampilan menggiring bola. Instrumen tes dalam penelitian ini yaitu tes kecepatan lari, dan tes menggirng bola. Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh rhitung 0.975 > r tabel sebesar 0.396, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara kecepatan lari dengan menggiring bola pada permainan sepak bola oleh siswa putra kelas VIII SMPN 1 Sape Kabupaten Bima Tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa dengan bertambahnya kecepatan lari akan diiikuti pula kecapatan dalam menggiring bola.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpo

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal ...