Permainan bola voli merupakan permainan yang dapat dimodifikasi. Modifikasi digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan KelompokBermain Pada Siswa Kelas IV SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu Skripsi dan pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar permainann bola voli melalui metode kelompok bermain pada siswa kelas IV SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode penelitian meliputi 5 hal, yaitu Pertama subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu, yang berjumlah 16 anak, kedua Objek penelitian menggunakan metode kelompok bermain, ketiga waktu penelitian pada semester dua Tahun pelajaran 2020/2021, keempat lokasi penelitian yaitu di SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu yang terletak di kelurahan Monta Baru Kecematan Woja Kabupaten Dompu. kelima tekhnik pengumpulan data meliputi observasi, kuesioner, tes langsung, instrumen penelitian meliputi silabus dan RPP, analisis data menggunakan rumus prosentase. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang 2 siklus. Hasil PTK ini didapat hasil belajar bola voli menggunakan metode kelompok bermain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik dari peningkatan rata-rata setiap pertemuan maupun nilai ketuntasan hasil belajar, ratarata siklus I (70,52) atau 9 siswa (56,25%) dan rata-rata siklus II (80,98) atau 14 anak (87,50%) Sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 31,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode kelompok bermain dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas IV SDN 12 Kecamatan woja kabupaten dompu, dengan kriteria tuntas. Saran penelitian ini adalah apabila terjadi permasalahan yang sama maka metode ini bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran alternatif.
Copyrights © 2021