Cakrawala Repositori Imwi
Vol. 6 No. 4 (2023): Cakrawala Repositori IMWI

Pengaruh Digital Payment QRIS Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Telkom (Studi Kasus Pada Pujasera TEL-U)

Siti Nur Zahra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom Bandung, Indonesia)
Yuhana Astuti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom Bandung, Indonesia)
Deden Syarif Hidayatulloh (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Pembayaran nontunai kini semakin canggih di daerah-daerah yang sistem pembayarannya sudah menggunakan internet. Hal tersebut dikarenakan semua transaksi dapat dilakukan dengan gadget dimanapun dan kapanpun, sehingga mendorong mahasiswa untuk berambisi menggunakannya. Namun karena kemudahan ini, QRIS dapat menyebabkan pembelian impulsif. Banyak mahasiswa dengan mudah membelanjakan lebih banyak uang saat melakukan transaksi nontunai karena mereka tidak perlu berpikir sedalam tentang pembelian mereka seperti saat mengeluarkan uang fisik atau melakukan pinjaman uang. Akibatnya, siswa berisiko melakukan lebih banyak pembelian daripada biasanya. Penelitian ini tujuannya agar memahami pengaruh QRIS menjadi digital payment terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEB Universitas Telkom. Indikator digital payment yang dipelajari meliputi mudahnya penggunaan dirasakan, kegunaan dirasakan, kredibilitas dirasakan, pengaruh sosial, dan niat perilaku. Sedangkan indikator perilaku konsumtif yang diteliti meliputi pembelian impulsif, boros, dan tidak rasional. Pengaruh bertransaksi menggunakan QRIS dilakukan dengan menganalisis kebiasaan membeli siswa. Jenis penelitian yakni penelitian kuantitatif melalui metode kuesioner serta survey. Teknik pengambilan sampel dipakai yakni purposive sampling dimana dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan cara langsung serta diperoleh sampel sekitar 344 responden. Hasil penelitian manyatakan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa FEB Universitas Telkom dipengaruhi oleh digital payment sebesar 47,2 %. Sisanya senilai 52,8 % terpengaruh akan variabel lainnya dimana tidak masuk penelitian ini. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumtif akan meningkat seiring dengan meningkatnya digital payment. Temuan penelitian memerlukan penelitian lebih lanjut berupa pengujian terhadap variabel lain dimana diduga memengaruhi penggunaan pembayaran digital yang juga akan berpengaruh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Cakrawala Repositori IMWI focuses on publishing original research articles, reviewing articles from contributors, and current issues relating to Economics, Business and Management. The main purpose of the journal is to provide a platform for scholars, academics, and researchers to share ...