UMKM Presto Joss adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner dengan sajian utama adalah bandeng, Adapun permasalahan yang menjadi fokus penelitian, yaitu UD. Presto Joss masih belum pernah melakukan penelitian terhadap konsumennya mengenai atribut apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi atribut produk bandeng presto joss, dan juga mengidentifikasi penerapan metode Kano dalam memenuhi kepuasan pelanggan produk bandeng presto joss yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan hasil Atribut yang dinginkan pelanggan bandeng presto joss ada 13 atribut, dan Berdasarkan penerapan metode kano yang dilakukan diketahui atribut yang perlu mendapat prioritas untuk perbaikan yang diinginkan pelanggan adalah Atribut P10 (keutuhan bentuk bandeng presto) yang tergolong dalam kategori One-Dimention, setelah kategori One-Dimention terpenuhi, kategori selanjutnya yaitu peningkatan kualitas atribut P8 dan P9 (aroma bandeng presto dan rasa bandeng presto) pada kategori Attractive, serta atribut P1, P2, P3, P4, P5, P6, P7, P11, P12 dan P13 pada kategori Indefferent. Untuk UD. Presto Joss untuk memperhatikan keinginan pelanggan dengan mengutamakan perbaikan keutuhan bentuk, aroma dan rasa bandeng presto sesuai hasil analisis yang dilakukan pada penelitian. Kata Kunci: Atribut Produk, Bandeng Presto, Metode Kano
Copyrights © 2023