Jurnal Embistek (Ekonomi, Manajemen Bisnis, Syariah dan Teknologi)
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Embistek (Ekonomi, Manajemen Bisnis, Syariah dan Teknologi)

PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL ATTITUDE, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI KOTA PEKANBARU)

Yolanda Ardhana (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Roza Linda (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang menempuh pendidikan perguruan tinggi di Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Financial Technology, Financial Literacy, Financial Attitude, dan Locus of Control terhadap Financial Management Behavior mahasiswa perguruan tinggi di Kota Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis regresi berganda dengan populasi yaitu mahasiswa perguruan tinggi di Kota Pekanbaru yang berjumlah 41.097 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability samping dengan pendekatan accidental sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 270 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial financial technology, financial attitude dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior, sedangkan financial literacy tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap financial management behavior. Koefisien Determinasi (R²) dengan nilai 0,575 atau 57,5% variabel dependent penelitian ini dipengaruhi oleh financial technology, financial literacy, financial attitude dan locus of control secara simultan sebesar 57,5%, sementara sisanya 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embistek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EMBISTEK Menerbitkan artikel berdasarkan ruang lingkup ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen Bisnis, Syariah dan Teknologi. Jurnal ini memfasilitasi publikasi karya ilmiah di bidang ilmu Ekonomi. Jurnal ini didirikan oleh Yayasan Azam Insan ...