Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan handout dengan metode penemuan terbimbing yang valid dan praktis. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan) dan 4) Desseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan),dan Development (pengembangan). Handout yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji validasi oleh validator dan uji praktikalitas oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout dengan metode penemuan terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Handout sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Hasil observasi aktivitas siswa adalah 75,4% dengan kategori aktif. Persentase tes hasil belajar siswa adalah 82,4% dengan kriteria berhasil. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa handout dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun datar segi empat untuk pembelajaran matematika di kelas VII.4 yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.
Copyrights © 2023