EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL
Vol. 1 No. 1 (2023): EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (JANUARY-JUNE2023)

PENGEMBANGAN HANDOUT DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 PADANG

Rusmayeni (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Ekasakti)
Nela Sari Yolanda (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Ekasakti)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan handout dengan metode penemuan terbimbing yang valid dan praktis. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan) dan 4) Desseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan),dan Development (pengembangan). Handout yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji validasi oleh validator dan uji praktikalitas oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout dengan metode penemuan terbimbing yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Handout sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Hasil observasi aktivitas siswa adalah 75,4% dengan kategori aktif. Persentase tes hasil belajar siswa adalah 82,4% dengan kriteria berhasil. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa handout dengan metode penemuan terbimbing pada materi bangun datar segi empat untuk pembelajaran matematika di kelas VII.4 yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eesj

Publisher

Subject

Education

Description

EKASAKTI EDUCATIONAL SCIENTIFIC JOURNAL (EESJ) is published by the Teaching Faculty of Education, Ekasakti University, Padang, Indonesia. (EESJ) publishes research articles in education that report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and ...