JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 11, No 3 (2023): VOLUME 11, NOMOR 3, JULI 2023

ANALISIS PENGARUH KEKASARAN PERMUKAAN TERHADAP PERFORMA JOURNAL BEARING DENGAN FLUIDA NEWTONIAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Rizky Dwi Ramdani (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Mohammad Tauviqirrahman (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Budi Setiyana (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Journal bearing adalah salah satu elemen mesin yang memiliki fungsi untuk menopang poros antara dua komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan. Journal bearing seringkali diaplikasikan pada berbagai jenis industri dengan pembebanan dan kecepatan tinggi, dengan luasnya pengaplikasian journal bearing maka pengembangan pun dilakukan untuk meningkatkan performa pelumasannya. Beberapa hal yang menjadi fokus utama penelitian yang ada adalah peningkatan daya dukung beban dan juga mengurangi gaya gesek yang dihasilkan, namun hal lain yang harus diperhatikan adalah tingkat kebisingan yang dihasilkan saat pengoperasian dengan analisis acoustic power level.Aliran pelumas pada clearance akan bergantung pada kondisi permukaan dari journal bearing tersebut, dan kondisi tersebut dihasilkan oleh proses manufaktur. Pada penelitian ini, kekasaran permukaan (Ks) menjadi nilai kekasaran permukaan pada ANSYS Workbench 20.2. Hal yang dipelajari adalah perbandingan performa dari journal bearing saat diberikan kekasaran permukaan dengan permukaan smooth. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa adanya pengaruh pemberian kekasaran permukaan terhadap performa journal bearing seperti kenaikan nilai load carrying capacity, penurunan friction force, dan juga penurunan acoustic power level.

Copyrights © 2023