JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 11, No 3 (2023): VOLUME 11, NOMOR 3, JULI 2023

Analisis Pengaruh Variasi Sudut Kemiringan Feeder Terhadap Waktu Tempuh pada Alat Conveyor LowCost Energy (Karakuri) di PT Dharma Precision Parts

Ade Muhamad Bukhori (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Toni Prahasto (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Ismoyo Haryanto (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Proses material handling di PT. Dharma Precision Parts masih dilakukan secara manual. Operator masih melakukan pemindahan material dari proses A ke proses B tanpa adanya alat/mesin yang menyebabkan terhentinya waktu proses dimana tempat operator bekerja. Operator membutuhkan waktu selama 50 detik untuk memindahkan material sampai dia kembali ke area kerjanya. Conveyor LowCost Energy (Karakuri) merupakan salah satu mekanisme alat material handling yang akan membantu untuk memindahkan material dari satu proses ke proses selanjutnya. Conveyor LowCost Energy (Karakuri) di desain sebagai alat material handling yang sering digunakan oleh industri manufaktur karena memudahkan dalam mendistribusikan material serta tidak membutuhkan biaya yang banyak dalam proses pembuatannya. Penelitian ini akan membahas mengenai analisa kinematika dan dinamika dari pergerakan material pada conveyor lowcost energy (karakuri). Persamaan gerak sistem ditentukan berdasarkan hukum gerak newton. Analisa gerak ini menggunakan software Solidworks 2020 dengan fitur Solidworks Motion yang akan menggambarkan pergerakan dari pemindahan material karena faktor percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi dimanfaatkan sebagai salah satu prinsip dari desain karakuri yang dirancang dengan kemiringan sudut tertentu sehingga material dapat bergerak tanpa adanya energy listrik seperti conveyor pada umumnya. Selanjutnya dengan melakukan analisa gerak, dapat menentukan tingkat keefektifan pada desain conveyor lowcost energy (karakuri) dan membandingkan sebelum dan setelah adanya karakuri conveyor.

Copyrights © 2023