Jurnal Psikologi Mandala
Vol. 6 No. 2 (2022): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA

Pendidikan Karakter dan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa

Yudi Ariana (Unknown)
Pratista Arya Satwika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Artikel ini menguraikan keterkaitan antara pendidikan karakter dan nilai-nilai yang didengungkan sebagai lima nilai utama yaitu gotong royong, religiusitas, integritas, kemandirian, serta nasionalisme dengan pengaruhnya terhadap kecurangan akademik, terutama pada mahasiswa. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan dengan buku-buku, jurnal, dan situs-situs internet sebagai sumber data. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, terdapat keterkaitan antara nilai-nilai dalam pendidikan karakter yang digagas oleh pemerintah dengan kecurangan akademik yang dilakukan. Nilai religius menanamkan ketaatan, kejujuran dan tanggung jawab yang nantinya membuat mahasiswa terhindar dari kecurangan akademik. Demikian pula dengan nilai integritas yang ketika dimiliki oleh mahasiswa akan mewujudkan sikap tanggung jawab dan kesetiaan pada nilai kemanusiaan dan moral. Selain itu, ketika mahasiswa memiliki nilai mandiri dalam dirinya maka akan cenderung menghindari ketergantungan dengan orang lain terutama ketika hal tersebut tidak sesuai dengan nilai kebenaran. Nilai kebenaran yang ditempatkan untuk kepentingan yang lebih luas bukan keuntungannya pribadi seperti yang tercantum pada nilai nasionalisme dan gotong royong akan menggerakkan perilaku mahasiswa untuk menghindari kecurangan akademik walaupun ada kesempatan.Kata Kunci: Kecurangan Akademik, Pendidikan Karakter, Mahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mandala

Publisher

Subject

Arts Humanities Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi MANDALA adalah wadah informasi hasil penelitian dan artikel konseptual psikologi yang terbit berkala dua kali setahun setiap bulan Maret dan September. Jurnal Psikologi MANDALA terbit sejak tahun 2017. Ruang lingkup penelitian meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, ...