Jurnal Psikologi Mandala
Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL PSIKOLOGI MANDALA

Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 22 Pontianak

Silvi Yuniarty (Unknown)
Riszky Ramadhan (Unknown)
Rizki Fitlya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Motivasi belajar merupakan penanan penting dalam prestasi belajar, siswa akanmencapai prestasi yang baik di kelas jika mereka termotivasi untuk belajar. Siswa yangkurang terlibat dalam pembelajaran dan banyaknya siswa yang tidak berinisiatif untukbertanya kepada guru ketika mereka tidak memahami materi adalah permasalahan yangpaling sering terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa diSMP Negeri 22 Pontianak terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar disekolah. Korelasi product moment dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian inidan 85 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Skala motivasi belajar dan hasildokumentasi berupa nilai rapor semester satu dan semester dua digunakan untukmengumpulkan data. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 22Pontianak memiliki hubungan positif dan signifikan pada variabel motivasi belajar denganprestasi belajar. Kekuatan korelasinya sedang, dengan nilai 0,561 dan tingkat signifikansi =0,000 (p < 0,05). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 31,47% dansisanya sebesar 68,53% hubungan tersebut dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mandala

Publisher

Subject

Arts Humanities Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi MANDALA adalah wadah informasi hasil penelitian dan artikel konseptual psikologi yang terbit berkala dua kali setahun setiap bulan Maret dan September. Jurnal Psikologi MANDALA terbit sejak tahun 2017. Ruang lingkup penelitian meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, ...