Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan social comparison dengan kecenderungan menggunakan eyelash extension pada wanita dewasa awal di Kota Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah wanita dewasa awal (18-40 tahun), mengetahui eyelash extension, dan berdomisili di Kota Denpasar. Teknik sampling yang digunakan berdasarkan rumus unknown population dikarenakan populasi tidak diketahui pasti jumlahnya. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat ditentukan bahwa jumlah sampel penelitian ini adalah minimal 96 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala social comparison dan skala keputusan pembelian untuk mengukur kecenderungan menggunakan eyelash extension. Sebanyak 152 responden terlibat di dalam penelitian ini. Hasil uji korelasi menunjukkan R=0,285 dan koefisien determinan (r2) sebesar 0,081 (8,1%). Berdasarkan hasil tersebut, hubungan antar variabel memiliki hubungan yang positif serta dapat dikategorikan memiliki hubungan yang rendah.
Copyrights © 2023