Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer)
Vol 22, No 2 (2023): Agustus 2023

Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Di Sumatera Utara Dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Darjat Saripurna (STMIK TRIGUNA DARMA)
RICO IMANTA GINTING (STMIK TRIGUNA DHARMA)
YOPI HENDRO SYAHPUTRA (STMIK TRIGUNA DHARMA)
JUPRI HALIM (STMIK TRIGUNA DHARMA)
FARIZ JUMA'AIDIL (STMIK TRIGUNA DHARMA)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Pemilihan duta  Generasi Berencana (GenRe) bertujuan tegar remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari resiko tiga kesehatan reproduksi remaja, menunda usia pernikahan, dan memiliki perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Pemilihan Duta GenRe dimulai dari tahun 2010 hingga saat ini, dimana jumlah peserta setiap tahunnya ± 30 pasang dan hanya 1 pasang yang terpilih. Masalah yang muncul masih ada unsur penilaian secara subjektif dan ada beberapa peserta yang memiliki nilai yang sama sehingga menyulitkan pihak pengambil keputusan untuk menentukan mana yang terbaik, untuk itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan. Berdasarkan uraian masalah yang disebutkan, maka dibuatlah sebuah sistem cerdas untuk mengambil keputusan dengan mengadopsi konsep bidang keilmuan Sistem Pedukung Keputusan yang mampu melakukan proses penilaian yang cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan sebuah metode yaitu metode MOORA. Pemilihan metode MOORA pada penelitian ini dikarenakan metode MOORA memiliki nilai bobot prioritas kriteria yang berbeda beda tergantung kriteria yang ditentukan nantinya sehingga cocok pada kasus ini. Hasil penelitian ini merupakan terciptanya Sisten Pendukung Keputusan dengan penerapan metode MOORA pemilihan duta genre terbaik di sumatera utara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Network Embedded System Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and ...