Jurnal el-Huda: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan
Vol. 12 No. 01 (2021): Jurnal el-Huda

PENGARUH METODE BLENDED-INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS : Study Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020)

MM, Wildan (Unknown)
fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Blended-inquiry berbantuan aplikasi Google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas X MIA di MA Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 setelah dilakukan penyepadanan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Hasil analisis gain score menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada tiap dimensi kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, uji hipotesis menggunakan T-test pada taraf signifikansi 5% menunjukan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Blendedinquiry berbantuan aplikasi Google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

el-huda

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

El-Huda adalah jurnal yang berisi artikel hasil dari penelitian pada bidang pendidikan, sosial, dan keagamaan yang dilakukan oleh akademisi maupun praktisi di bidang tersebut. El-Huda merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Qamarul Huda. El- Huda merupakan jurnal yang ...