Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Blended-inquiry berbantuan aplikasi Google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas X MIA di MA Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 setelah dilakukan penyepadanan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Hasil analisis gain score menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada tiap dimensi kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, uji hipotesis menggunakan T-test pada taraf signifikansi 5% menunjukan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Blendedinquiry berbantuan aplikasi Google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
Copyrights © 2021