Jurnal Global Futuristik
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner

Pemetaan Tingkat Kesejahteraan di Desa Tangaran Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Menurut Indikator Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Rojia Rojia (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Maya Maya (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Santi Santi (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Desa Tangaran merupakan desa yang memiliki presentase luas wilayak terluas ke 3 (tiga) setelah desa Simpang Empat dan desa Semata se kecamatan Tangaran. Desa ini juga masih termasuk ke dalam kategori desa berkembang dengan jumlah penduduk sebanyak 3566 jiwa. Tingginya jumlah keluarga miskin menggambarkan kurangnya tingkat kesejahteraan keluarga yang ada di Desa Tangaran sehingga pemerintah memberikan bantuan berupa Program Keluarga Harapan (PKH) untuk membantu mensejahterakan keluarga miskin yang ada di desa Tangaran. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan penelitian secara kuantitatif deskriptif dengan indikator dari BKKBN. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus slovin yakni sebanyak 43 KK yang di ambil dari populasi 1037 KK. Dari penelitian ini diperoleh temuan bahwa responden di Desa Tangaran didominasi oleh responden pada Tingkat Kesejahteraan Tahapan Pra Sejahtera. Berdasarkan pemetaan tingkat Kesejahteraan di Desa Tangaran, Dusun Sadayan berada di Tahapan Pra Sejahtera, Dusun Pendawan berada di Tahapan Keluarga Sejahtera II, dan Dusun Pandam berada di Tahapan Keluarga Sejahtera I.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

globalistik

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope and focus of study from Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner include studies of law, economics, business, management, education, humanities, history and culture, philosophy, research methodology, and the study of society and religion ...