Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 2 (2022): July 2022

Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi Aritmatika Sosial Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Syarifah Fadillah Al Hadad (IKIP PGRI Pontianak)
Wiwit (IKIP PGRI Pontianak)
Aisyah (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Kompetensi dan karakter yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila dibentuk dalam kehidupan sehari-hari dan dihidupkan dalam diri setiap individu siswa melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan kegiatan ekstrakurikuler. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk membentuk 6 dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif. Selain itu, melalui proyek ini dapat pula menguatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi pelajaran menyesuaikan pada tema dan aktivitas yang dipilih oleh satuan pendidikan dalam kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pemahaman siswa dalam materi aritmatika sosial melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII C SMP Islam Terpadu Al Fityan Kubu Raya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan proyek yang bertemakan kewirausahaan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi aritmatika sosial. Selain itu, melalui kegiatan proyek ini juga dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, yang ditunjukkan dalam penyelesaian soal-soal open ended yang diberikan pada soal test akhir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...