Nusantara Journal of Computers and its Applications
Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016

PENGEMBANGAN GAME VISUAL NOVEL PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA PADA MATERI EXPRESSION BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN DAN MOTIVASI BELAJAR

Citra Devi Mudaningtyas (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Elizabeth Anggraeni Amalo (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Imam Dui Agusalim (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2017

Abstract

Mata pelajaran bahasa Inggris menjadi bagian besar kurikulum pendidikan di Indonesia yang diajarkan dari tingkat dasar, menengah, dang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan pentingnya bahasa Inggris maka diperlukan media belajar yang dapat: 1. Menciptakan Kemandirian belajar, 2. Meningkatkan motivasi belajar, 3. Meningkatkan kemampuan dan pencapaian belajar. Game sebagai salah satu media elearning yang banyak diminati baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa mampu menjadi kendaraan yang baik untuk disisipi dan kemudian menyampaikan materi ajar bahasa Inggris sekolah agar lebih menarik dan memotivasi. Dalam berbagai penelitian, game telah terbukti dapat digunakan untuk pengajaran bahasa dan disisipi konten kurikulum untuk tujuan pengajaran dalam sector formal seperti di sekolah. Untuk itu dalam penelitian ini akan dikembangkan game yang mengadopsi konten kurikulum sekolah yang difokuskan pada jenjang SMA khusunya kelas x. Game pada penelitian ini dirancang untuk dapat menyampaikan materi ajar Expression. Game dalam penelitian ini adalah game Visual Novel dan akan dikembangkan menggunakan metode Penelitian Pengembangan yang dilaksanakan pada tahap pertama, dan akan diuji keefektifannya pada tahap kedua menggunakan penelitian Experimental. Hasil game Visual Novel ini diharapkan dapat digunakan oleh seluruh guru SMA di seluruh Indonesia untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

njca

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) is a peer-reviewed bi-annual journal concerning on computer science and its applications. The article shall address any research on theoretical and empirical on computer science and its applications. The Topics addressed within the journal ...