Nusantara Journal of Computers and its Applications
Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022

PENERAPAN ALGORITMA BRUTE FORCE UNTUK PENCARIAN KAMUS ISTILAH SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA

Heri Purwanto (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Sangga Buana YPKP)
Muhamad Fazri Annafi (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Institut Digital Ekonomi LPKIA)
Rikky Wisnu Nugraha (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Institut Digital Ekonomi LPKIA)
Rudy Sofian (Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Institut Digital Ekonomi LPKIA)
Fahmi Reza Ferdiansyah (Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Institut Digital Ekonomi LPKIA)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menerapkan sebuah algoritma pada sebuah aplikasi kamus pencarian informasi mengenai sistem manajemen basis data bagi para programmer yang akan mempelajari mengenai konsep dari Da-ta Base Management System (DBMS). Aplikasi tersebut menggunakan sebuah algoritma brute force, dimana algo-ritma tersebut digunakan untuk melakukan pencarian antara pola dan teks pada sebuah aplikasi pencarian ber-basis web. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara metode penelitian kuantitatif dan kuali-tatif, sedangkan pengembangan perangkat lunak menggunakan pendekatan prototype. Hasil penelitian ini adalah sebuah algoritma brute force yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pencarian kamus istilah DBMS dengan sederhana, mudah dipahami dalam penerapannya, lebih efektif untuk data yang terbatas, source code yang dihasilkan sedikit dan menghasilkan algoritma yang dapat dieksekusi untuk beberapa masalah seperti pen-cocokan dan pencarian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

njca

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) is a peer-reviewed bi-annual journal concerning on computer science and its applications. The article shall address any research on theoretical and empirical on computer science and its applications. The Topics addressed within the journal ...